PT SOLID GOLD BERJANGKA | Pemerintah Akan Naikkan Bea Keluar Ekspor Kulit

bea

SOLID GOLD BERJANGKA – Pelaku usaha industri pengolahan kulit dan pengerajin kulit mengeluh sulitnya ketersediaan bahan baku sehingga harus mengimpor bahan baku. padahal banyak pengusaha dalam negeri penghasil kulit yang malah mengekspor kulit produksinya sehingga menyebabkan pasokan dalam negeri kurang.

Untuk itu, pemerintah akan menaikkan bea keluar ekspor kulit. Saat ini ekspor kulit telah diatur dalam PMK no 140 tahun 2016 tentang tarif bea keluar ekspor kulit hewan, kulit hewan mentah dipatok tarif 25% dan kulit hewan disamak (wet blue) dipatok 15%.

“Menghendaki pembatasan mengenai ekspor, karena ekspor yang bagus, industri mengimpor yang kelasnya kurang bagus. Kita mengenakan bea keluar 25% sama 15%, nanti kita kaji lagi, apakah bea keluar bisa ditingkatkan lagi,” kata Airlangga, di kantornya, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2016).

Tujuannya, agar produksi kulit dalam negeri tidak lagi diekspor, tetapi lebih diprioritaskan untuk kebutuhan dalam negeri.

“Kalau bea keluar tinggi, harga domestik kan bisa lebih menarik,” imbuhnya.

Namun, dia belum merinci berapa angka kenaikan dari tarif bea keluar tersebut. Sementara itu Menkeu Sri Mulyani juga akan mendukung kenaikan bea keluar bahan baku kulit karena pemerintah tidak semata-mata dapat melarang ekspor kulit mentah ke luar negeri.

“Mengenai bahan baku kulit, saya juga lihat dari sisi perundangan ini pelarangan tidak dimungkinkan, tapi bisa menggunakan bea keluar maksimal,” kata Sri Mulyani.

Sri akan melihat usulan yang disampaikan para pengusaha ke Kemenperin lebih lanjut sehingga dapat memberikan respon yang tepat akan hal tersebut.

“Kita lihat sama seperti yang dikatakan pak Airlangga kalau dari segi policy kita lihat dari bahan baku kulit yang disampaikan opsinya adalah menggunakan bea keluar tapi kita lihat lah dari usulan ang disampaikan Menperin berdasarkan input dari para pelaku instrumen apa yang paling tepat untuk bisa meresponsnya,” kata Sri.

Baca Juga : PT Solid Gold Berjangka

Leave a comment