Blog

solid gold berjangka | Indeks Dolar AS Lesu Merespons Kebijakan The Fed

https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 21 278 2020861 indeks-dolar-as-lesu-merespons-kebijakan-the-fed-NuQed2BydO.jpg

solid gold berjangka makassar – Kurs Dolar AS terus melemah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena investor tetap optimis pada kemungkinan membaiknya lingkungan perdagangan global.
Dolar Australia, yang secara luas dipandang sebagai barometer sentimen risiko global, memperpanjang kenaikannya terhadap greenback untuk hari kedua berturut-turut.
Pasar terus mencerna berita bahwa China dan Amerika Serikat memiliki putaran baru konsultasi ekonomi dan perdagangan di Washington minggu ini.
The Fed memutuskan untuk mempertahankan kisaran target untuk suku bunga acuan federal fund di 2,25% hingga 2,50%, menurut risalah pertemuan kebijakan pada 29-30 Januari.
Bank sentral berjanji akan bersabar ketika menentukan penyesuaian di masa depan terhadap kisaran target suku bunga, mengingat “perkembangan ekonomi dan keuangan global serta tekanan inflasi yang lemah.” “Peserta menunjuk berbagai pertimbangan yang mendukung pendekatan ‘sabar’ terhadap kebijakan moneter pada saat ini sebagai langkah yang tepat dalam mengelola berbagai risiko dan ketidakpastian dalam prospek,” kata risalah.
The Fed menggambarkan “pendekatan yang sabar dan fleksibel” sebagai cara untuk “mengelola risiko-risiko sambil menilai informasi yang masuk mengenai prospek ekonomi.”
Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi USD1,1351 dari USD1,1340 pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi USD1,3061 dari USD1,3067 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia naik menjadi USD0,7173 dari USD0,7169.
Dolar AS dibeli 110,82 yen Jepang, lebih tinggi dari 110,65 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS turun menjadi 1,0002 franc Swiss dari 1,0007 franc Swiss, dan turun menjadi 1,3154 dolar Kanada dari 1,3212 dolar Kanada.
Advertisements

SOLID BERJANGKA | Jelang Pengumuman Bunga Acuan, Rupiah Menguat ke 14.040

Foto: Rachman Haryanto

SOLID BERJANGKA MAKASAR – Niali tukar Dolar Amerika Serikat (AS)terhadap rupiah pagi ini menunjukkan pelemahan. Mata uang Paman Sam ditekuk ke angka Rp 14.040.
Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Rabu (20/2/2019). Dolar AS tercatat melemah hingga 70 poin dari posisi pagi hari sebelumnya yang ada di angka Rp 14.110.
Adapun hingga pagi ini dolar AS bergerak dari level 14.040 hingga 14.097. Penguatan rupiah bertepatan dengan akan dimulainya rapat dewan gubernur Bank Indonesia (RDG BI) menjelang penentuan bunga acuan bulan ini.
Dari data RTI, dolar AS tercatat melemah di hampir seluruh mata uang negara utama. Chinese Yuan berhasil menekan dolar AS paling dalam disusul Malaysian Ringgit, rupiah, dan Thailand Baht.
Sementara rupiah berhasil menguat di hampir seluruh mata uang negara utama pagi ini. Selain dolar AS, Rupiah menekuk Japanese Yen, Saudi Arabian Riyal, New Zealand Dollar hingga Hong Kong Dollar.

solid gold | IHSG Lengser dari Level 6.500

https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 19 278 2020150 ihsg-lengser-dari-level-6-500-19NDSR4LzV.jpg

solid gold makassar – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada penutupan perdagangan hari ini. IHSG pun turun level dari 6.500. Tercatat, pada penutupan sore ini IHSG turun 3,14 poin atau 0,04% ke 6.494.
Menutup perdagangan, ada 226 saham menguat, 187 saham melemah, dan 118 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp8,28 triliun dari Rp13,6 miliar lembar saham diperdagangkan.
Indeks LQ45 turun 3,86 poin atau 0,4% menjadi 1.013.95, indeks Jakarta Islamic Index (JII) turun 2,20 poin atau 0,3% ke 708.12, indeks IDX30 turun 2,30 poin atau 0,4% ke 557.81, dan indeks MNC36 turun 0,66 poin atau 0,2% ke 366.52.
Adapun saham-saham yang bergerak dalam jajaran top gainers, antara lain saham PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) naik Rp64 atau 24,81% ke Rp322, saham PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) naik Rp7 atau 13,73% ke Rp58, dan saham PT Multipolar Tbk (MLPL) naik Rp18 atau 13,41% ke Rp155.
Sementara itu, saham-saham yang bergerak dalam jajaran top losers, antara lain saham PT Sitara Propertindo Tbk (TARA) turun Rp60 atau 7,14% ke Rp780, saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) turun Rp10 atau 3,36% ke Rp288 dan saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) turun Rp20 atau 3,03% ke Rp640.

 

PT SOLID BERJANGKA | Duterte Ingin Ganti Filipina

Duterte Ingin Ganti Filipina Jadi Maharlika, Ternyata Salah Terjemahan

PT SOLID BERJANGKA MAKASSAR – Usulan Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk mengganti nama negara Filipina menjadi ‘Maharlika’ demi menegaskan identitas nasional, menuai polemik. Pakar sejarah menyebut kata ‘Maharlika’ telah disalahartikan sejak lama. Lantas apa arti sebenarnya?

Seperti dilansir media lokal Filipina, Philstar.com, Kamis (14/2/2019), sejumlah sejarawan Filipinaberusaha memberikan penjelasan soal salah terjemahan untuk kata ‘Maharlika’ yang oleh Duterte disebut berarti ‘bangsawan’.
 
Diketahui bahwa Filipina dijajah oleh Spanyol selama lebih dari 300 tahun. Nama negara Filipina berasal dari nama Raja Spanyol Philip II yang berkuasa antara tahun 1556 hingga 1598 silam. Duterte  menyebut penggantian nama menjadi ‘Maharlika’ bertujuan untuk menghilangkan keterkaitan kolonialisme pada nama negara Filipina. Juru bicara kepresidenan Filipina, Salvador Panelo, menyebut nama ‘Maharlika’ dari kata Melayu dipilih untuk merefleksikan identitas Melayu dari warga Filipina.
Sejarawan Xiao Chua yang juga seorang asisten Guru Besar De La Salle University menyebut pemahaman kata ‘Maharlika’ sebagai bangsawan telah menjadi kesalahpahaman umum yang disebabkan oleh ‘salah terjemahan’ pada teks-teks sejarah Filipina.
“Dalam Blair and Robertson, Maharlika salah diterjemahkan sebagai bangsawan,” sebut Xiao Chua yang merupakan sejarawan Filipina keturunan China, kepada Philstar.com. “Ketika kita membaca Bahasa Inggrisnya, kita berpikir bangsawan berarti berdarah kerajaan (darah biru),” imbuh Chua.
‘Blair and Robertson’ merupakan sebutan lain untuk dokumen sejarah ‘The Philippine Islands‘ yang dipublikasikan tahun 1903-1909. Dokumen sejarah sebanyak 55 edisi itu diterjemahkan oleh Emma Helen Blair dan James Alexander Robertson, yang merupakan Direktur Perpustakaan Nasional Filipina tahun 1910-1916. Keduanya menerjemahkan dokumen sejarah itu dari bahasa Spanyol ke bahasa Inggris.
“Tapi William Henry Scott, seorang pakar antropologi dan sejarawan, menyebut ini salah karena apa yang terjadi adalah, warga Amerika yang menerjemahkan dokumen-dokumen berbahasa Spanyol diketahui salah diterjemahkan, meskipun pada akhirnya dibetulkan,” tutur Chua dalam penjelasannya. Scott yang meninggal dunia tahun 1993 lalu, telah mempelajari sejarah dan komunitas pra-Hispanik di Filipina hingga akhir hayatnya.
“Ketika Anda menyebut seseorang itu bangsawan, Anda menyebut ‘dugong bughaw‘ (darah biru), Anda bahkan punya lagu-lagu yang diciptakan saat masa Darurat Militer yang berbunyi ‘ako ay Pilipino, may dugong Maharlika‘ (saya orang Filipina, dengan darah Maharlika),” imbuhnya.
Dijelaskan lebih lanjut oleh Chua bahwa ‘Maharlika’ sebenarnya berarti ‘seseorang yang bebas’. “Orang-orang berpikir, kita ingin nama itu, itu nama yang diromantisir, anggota kerajaan. Tidak, itu (artinya) hanya orang biasa yang bebas,” tegas Chua.
Penjelasan senada disampaikan sejarawan dari Komisi Budaya dan Seni Nasional Filipina, Dr Rolando Borrinaga, dalam keterangan seperti dilansir media lokal Filipina, ABS-CBN News. Borrinaga menegaskan bahwa ‘Maharlika’ sebenarnya berarti ‘orang bebas’ namun telah salah diterjemahkan sebagai kaum bangsawan.

SOLID GOLD BERJANGKA | Modal Rp 500 Ribu Bisa Jadi Barista

Ilustrasi/Foto: iStock

SOLID GOLD BERJANGKA MAKASAR – Setiap orang bisa menjadi barista. Caranya, dengan mengikuti sekolah kopi guna mempelajari teknik-teknik pembuatan kopi.
Sebuah sekolah kopi yang berlokasi di Altira Business Park B12-15 Jalan Yos Sudarso Kav 85 Sunter, Jakarta Utara First Crack Coffee Academy menawarkan pelatihan untuk menjadi seorang barista tersebut.
Pendiri First Crack Coffee Academy Evani Jesslyn mengatakan, biaya yang dibanderol untuk jasa pelatihan itu variatif, dari termurah Rp 500 ribu hingga termahal Rp 20 juta. Dia mengatakan, sebelum mengikuti kelas ada sesi konsultasi.
“Sebelum ambil kelas apa, biasanya konsultasi dulu, tertariknya di mana, dulunya pernah sebagai apa, kemudian kita kasih solusi, karena pengaruh biaya dan segala macam,” katanya.
“Range cukup besar, kelas Rp 500 ribu ada, kelas yang Rp 20 juta ada. OK, kita konsultasi dulu, kebutuhan sampai seberapa,” sambungnya.
Dia mengatakan, dengan Rp 500 ribu peserta akan mendapat beberapa pelajaran.
“Pelajaran soal kopi, soal espresso, bagaimana membuat espreso, praktik,” tambahnya.
Ada harga, ada rupa. Mungkin itu istilah yang tepat menggambarkan apa yang didapatkan dengan apa yang dikeluarkan.
 
Evani menerangkan, untuk tarif yang Rp 20 juta peserta akan diajari hingga bisa menyajikan kopi dengan sangat sempurna alias super perfect. Gambarannya, nantinya akan bisa menghasilkan kopi dengan kualitas yang baik dengan kecepatan yang tinggi.
“Jadi misalkan membuat jenis minuman kopi dengan pattern yang sama latte artinya dalam waktu sekian, 5 menit misalkan. Jadi kan ketika ngomong profesional barista dituntut speed-nya mesti cepat. Harus bisa buat minuman cepat banget. Tapi rasa dan bentuknya konsisten, itu kan ada tuntutan skill khusus,” paparnya.
Sebagai tambahan, untuk menjadi calon peserta bisa menghubungi lewat surat elektronik di academy@firstcrackcoffee.id atau di nomor (021) 21882368.

SOLID GOLD | Mencari Kebahagiaan dalam Pertumbuhan Ekonomi

Mencari Kebahagiaan dalam Pertumbuhan Ekonomi

SOLID GOLD MAKASSAR – Sustainable Development Solutions Network (SDSN) melalui World Happiness Report (WHR) 2017 menobatkan Norwegia sebagai negara paling bahagia di dunia dengan skor Gross National Happiness (GNH) sebesar 7,537 (skala 0-10). Secara berurutan berikutnya (sesuai ranking), negara yang termasuk ke dalam 10 besar pemilik GNH tertinggi setelah Norwegia adalah Denmark, Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Swedia, dan Australia.

Melihat urutan tersebut muncul pertanyaan, di mana posisi GNH dari negara-negara di kawasan Asia? Atau, lebih spesifik lagi bagaimana pencapaian GNH di Indonesia sendiri?

BACA JUGA : Legalitas PT Solidgold Berjangka

GDP vs GNH
 
Gross Domestic Product (GDP) merupakan total output akhir barang dan jasa yang dihasilkan perekonomian suatu negara, di dalam wilayah negara tersebut, oleh penduduk dan bukan penduduk, tanpa melihat alokasi baik untuk klaim domestik maupun klaim luar negeri. Sedangkan, GNH merupakan pendekatan pengukuran ekonomi yang tidak hanya menggunakan angka GDP per kapita (per kepala penduduk) semata, namun juga mengukur angka harapan hidup, dukungan sosial, tingkat kepercayaan (diukur melalui indeks kebebasan korupsi), tingkat kepedulian sosial (diukur dari persentase donasi), serta kebebasan menentukan pilihan hidup.
GDP dan GNH digunakan secara bersama untuk mengukur keberhasilan pertumbuhan ekonomi dalam berbagai proses multidimensi, yang terutama sekali dapat mencerminkan perubahan sistem sosial secara total sesuai dengan berbagai kebutuhan dasar, serta upaya menumbuhkan aspirasi individu dan kelompok sosial dalam sistem tersebut. Hal ini sejalan dengan ungkapan ekonom peraih Nobel Prize, Amartya Sen, “Pertumbuhan ekonomi tidak boleh dipandang sebagai tujuan pembangunan semata. Pembangunan harus dapat lebih memperhatikan upaya meningkatkan kualitas kehidupan yang kita jalani dan kebebasan yang kita nikmati.”
AS vs Norwegia
 
Amerika Serikat (AS) telah menjadi negara terkaya di dunia dengan GDP terbesar sejak 1980 . Namun, berdasarkan WHR2017, GNH AS “hanya” menduduki posisi 15 dunia. Krisis kebahagiaan penduduk AS ini mulai menurun saat kepemimpinan Donald Trump, dengan serangkaian kebijakan kontroversialnya. Misalnya saja pemotongan pajak untuk orang kaya yang akhirnya membuat orang menengah ke bawah kehilangan subsidi jaminan kesehatan, pemotongan anggaran meals on wheels untuk meningkatkan anggaran militer , serta kebijakan ekonomi negara yang sangat kapitalis dan koruptif.
Sebaliknya, Norwegia, sebagai salah satu negara penghasil minyak dunia, membuktikan uang bukanlah segalanya. Walau “hanya” menempati posisi 29 GDP dunia, namun Norwegia tercatat sebagai negara dengan indeks korupsi dan angka kriminalitas yang terbilang rendah, juga memberikan pendidikan gratis bagi seluruh warga tanpa memandang tingkatan prestasi (dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi), menyediakan buku dan bahan bacaan gratis, serta memiliki tingkat kebersihan lingkungan dan jaminan fasilitas kesehatan masyarakat yang layak. Tidak mengherankan, menurut rilis WHR 2017, penduduk Norwegia adalah penduduk yang paling berbahagia di muka bumi ini.
China vs Indonesia
 
Berbicara tentang kawasan Asia, mari kita tengok negara China, yang sejak 1980 telah menempati posisi ekonomi 7 besar dunia. Namun, menurut publikasi WHR 2017, angka pengangguran yang tinggi dan keamanan yang rendah cukup menjadi faktor terpuruknya GNH China (posisi 80 dunia, 2017). Dengan jumlah penduduk sebanyak 1,379 miliar juta jiwa (2016), masyarakat di sana harus bekerja keras untuk mendapat pekerjaan yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Banyaknya penduduk juga menyebabkan ruang publik selalu penuh sesak, seperti bandara, pelabuhan, stasiun, dan bahkan pantai di tepi laut.
Hampir mirip dengan China, WHR 2017 menempatkan GNH Indonesia pada peringkat 82 dunia. Kondisi sosial politik yang belum stabil, teror yang merebak luas di tengah masyarakat, tindakan korupsi para petinggi negara yang tak ada habisnya, keadilan yang tumpul di atas tajam di bawah, kondisi ketimpangan antarmasyarakat dalam hal kesejahteraan, kemiskinan yang meluas, dan harapan pesimis dari masyarakat terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik menjadi beberapa faktor yang cukup mengurangi kebahagiaan hidup penduduk Indonesia.
Pengukuran BPS
 
Sebagai lembaga survei resmi di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mengukur indeks kebahagiaan ini melalui pendekatan terhadap 10 aspek yang ada. Yakni, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan. Menurut pengukuran BPS, Indeks kebahagiaan Indonesia pada 2017 meningkat menjadi 70,69, dengan indikator tertinggi pada keharmonisan keluarga (sebesar 80,05), dan terendah pada tingkat pendidikan dan keterampilan (sebesar 59,90).

BACA JUGA : Fasilitas Layanan Solidberjangka

Masih menurut pengukuran BPS pada 2017, masyarakat perkotaan dinilai lebih bahagia dibanding masyarakat perdesaan, sementara berdasarkan jenis kelamin dinilai bahwa laki-laki lebih bahagia, dan berdasarkan status pernikahan terlihat bahwa masyarakat yang belum menikah lebih bahagia dibandingkan dengan yang sudah menikah atau cerai. Fenomena tingganya GDP yang tidak diikuti oleh GNH juga terjadi di Indonesia, yakni Maluku Utara dengan GNH tertinggi, namun tidak masuk dalam urutan provinsi dengan 10 GDP terbesar se-Indonesia. Bandingkan juga dengan DKI Jakarta yang menempati urutan ke-1 dalam GDP se-Indonesia, namun “hanya” menempati urutan ke-18 untuk GNH-nya.
Aspek Non-Ekonomi
 
Seluruh uraian di atas memberikan petunjuk kepada kita bahwa tingginya pencapaian angka ekonomi suatu negara tidak selalu diikuti oleh “kebahagiaan” hidup masyarakatnya. Dengan demikian, untuk mengawali tahun baru 2019 ini, hendaknya aspek non-ekonomi menjadi suatu hal yang patut untuk diperhatikan oleh pemerintah, agar pembangunan ekonomi dapat terasa kualitasnya dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Mengutip hasil pengukuran GNH Indonesia oleh BPS 2017 terlihat bahwa pemerintah perlu meningkatkan aspek pendidikan dan ketrampilan bagi masyarakat karena masih terdapat lapisan masyarakat yang “belum bahagia” terhadap kondisi aspek dimaksud dalam kehidupan mereka.

BACA JUGA : Alasan Anda memilih Kami Solidgold

Tingginya tingkat pendidikan masyarakat ini nantinya diharapkan dapat menambah kreativitas individu dalam mencapai angka dan kualitas pembangunan ekonomi yang ada, sehingga dengan demikian kita mampu mencapai kondisi, “Menjadi kaya itu penting, namun jangan lupa untuk tetap bahagia.”

PT SOLID BERJANGKA | Mengenal Jenis-jenis Jejak Digital

Foto: Thinkstock

PT SOLID BERJANGKA MAKASSAR – Laman TechTerms menyebut jejak digital adalah jejak data yang muncul ketika seseorang menggunakan internet. Bentuk dan sumbernya pun bermacam, dari situs yang dikunjungi, email yang dikirimkan, dan informasi lain yang ‘disetor’ ke berbagai layanan online.
TechTerms juga membagi jejak digital menjadi dua jenis, pasif dan aktif. Jejak digital pasif adalah data yang ‘ditinggalkan’ tanpa sadar oleh pengguna ketika berselancar di dunia maya.
Contohnya adalah ketika mengunjungi sebuah situs, maka server tempat situs itu tersimpan mungkin akan menyimpan alamat IP pengunjungnya. Dari alamat IP itu bisa dikenali internet service provider (ISP) yang dipakai, termasuk perkiraan lokasi pengakses situs tersebut.
Alamat IP — kecuali yang statis — memang akan terus berubah dan tak menyimpan informasi personal pemakainya, namun alamat ini tetap masuk dalam kategori jejak digital. Contoh lain dari jejak digital pasif adalah search history, yang biasanya disimpan oleh mesin pencari ketika kita login dan menggunakan layanan mereka.
Sementara jejak digital aktif adalah data atau informasi yang dengan sengaja diunggah oleh seseorang ke dunia maya. Mengirimkan email adalah salah satu contoh dari jejak digital jenis ini. Karena kebanyakan orang menyimpan email secara online, pesan yang dikirimkan lewat email ini cenderung akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama.

Namun jejak digital aktif yang paling populer saat ini tentulah blog dan media sosial. Setiap kicauan yang dikirimkan ke Twitter, setiap update status yang dipublikasikan lewat Facebook, dan setiap foto yang diposting ke Instagram adalah jejak digital aktif.
 
Semakin lama anda berkutat di media sosial, maka jejak digital anda akan semakin besar. Bahkan untuk hal sepele seperti me-like sebuah laman di Facebook pun akan tercatat sebagai sebuah jejak digital, karena data tersebut akan tersimpan di server Facebook.
Semua orang yang menggunakan internet tentu akan mempunyai jejak digital, jadi ini bukanlah sebuah hal yang seharusnya dikhawatirkan. Namun hal yang harus dikhawatirkan adalah data atau informasi apa yang kita tinggalkan di dunia maya, karena suatu saat data tersebut bisa disalahgunakan oleh orang atau pihak lain.

Contohnya adalah jejak digital yang disebut-sebut oleh TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin dari kubu BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno soal kemungkinan penggunaan jasa konsultan asing untuk Pilpres 2019.
“Di era keterbukaan seperti sekarang ini, BPN Prabowo-Sandi justru tidak bisa mengelak dengan banyaknya jejak digital kehadiran konsultan asing di kubu mereka,” ungkap juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (6/1/2019) kemarin.
 
Saat itu Ace mempersoalkan foto yang tersebar memperlihatkan ada dua orang asing, perempuan dan lelaki, dalam satu ruangan bersama Prabowo-Sandiaga. Dalam foto itu terdapat tokoh lain seperti Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sejumlah elite dari Koalisi Indonesia Adil dan Makmur.
“Jejak digital itu bisa ditemukan dengan mudah dalam bentuk foto, video maupun informasi-informasi di sosial media,” sebutnya ketika itu.

Syarat Angela Merkel Bagi Huawei Soal Partisipasi 5G

Angela Merkel. Foto: DW (News)

SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Huawei semakin mendapat tekanan dari negara Barat soal hubungannya dengan pemerintah China dan ancaman yang mungkin mereka bawa. Kali ini, tekanan tersebut datang dari kanselir Jerman, Angela Merkel yang memberikan syarat kepada Huawei jika ingin berpartisipasi dalam proyek 5G di negaranya.

Solidberjangka | Memahami Modus Operandi Dan Cara Kerja Penipuan

Merkel mengatakan bahwa Jerman membutuhkan jaminan dari Huawei bahwa mereka tidak akan memberikan data kepada pemerintah China. Jaminan ini harus dipenuhi oleh Huawei sebelum mereka bisa berpartisipasi dalam proyek 5G di Jerman.

Dalam kunjungannya ke Universitas Keio di Jepang, Merkel mengatakan bahwa keamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin bekerja di Jerman.

PT Solidberjangka | Kenali Ciri – Cirinya Penipuan Investasi

Untuk itu, ia harus memastikan bahwa pemerintah China tidak bisa mengakses semua data yang berada di produk China.

“Kami harus berbicara dengan China untuk memastikan bahwa perusahaan tidak menyerahkan semua data yang digunakan kepada pemerintah China,” kata Merkel.

Solidgold Berjangka | Pengandaan Uang Berujung Penipuan

Merkel menambahkan bahwa Jerman akan membutuhkan pengamanan khusus untuk melindungi data.

Dalam beberapa bulan terakhir, hubungan Huawei dengan pemerintah China menjadi perhatian publik. Hal ini dikarenakan kecurigaan bahwa peralatan teknologi milik Huawei digunakan sebagai mata-mata oleh pemerintah China.

Solidgold | Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen Karyawan Angkasa Pura II

Huawei telah mengelak dari tuduhan bahwa produk mereka memiliki risiko keamanan, dan menegaskan bahwa mereka merupakan perusahaan privat yang tidak memiliki hubungan dengan pemerintah China.

PT Solidgold Berjangka | Penipuan Modus Umroh

Pemerintah Jerman saat ini masih belum memutuskan apakah akan mengikutsertakan Huawei dalam proyek 5G di negaranya. Tapi, Amerika Serikat telah mendesak sekutunya di Uni Eropa untuk tidak menggunakan perangkat buatan Huawei.

solid gold | Negara di Mata Umat Islam

Negara di Mata Umat Islam

solid gold makassar – Sebuah video beredar di media sosial berisi “omelan” seorang ustaz saat menjawab pertanyaan dari jamaah tentang keislaman presiden. Presiden yang dimaksud adalah yang sekarang menjabat, yaitu Presiden Joko Widodo. Joko Widodo jelas seorang muslim, kata ustaz tadi. Jadi tidak ada satu pun alasan yang bisa dibenarkan untuk mengatakan beliau bukan muslim alias kafir.
Selanjutnya, ustaz juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara Islam, pemerintahannya adalah pemerintahan Islam. Argumen dia adalah bahwa umat Islam dilindungi di negeri ini, kebutuhan mereka dalam menjalankan syariat dilayani oleh pemerintah. Mulai dari administrasi kependudukan yang menegaskan pencatatan status agama seorang muslim, masjid-masjid untuk keperluan salat, pengelolaan zakat oleh pemerintah, hingga yang paling besar, yaitu pelayanan haji. Bagi dia, ini adalah bukti bahwa pemerintahan ini adalah pemerintahan Islam.
Sebenarnya yang tersedia bagi umat Islam di negeri ini jauh lebih besar dari itu. Dalam konteks tata negara, Indonesia bisa dikatakan negara semi-Islam. Maksudnya adalah, meski tidak resmi menyatakan diri sebagai negara Islam dalam arti sepenuhnya berdasar pada Quran, ada banyak aspek di negara ini yang bisa diklaim sebagai bukti bahwa negara ini adalah negara Islam. Sistem hukum kita mengadopsi hukum-hukum Islam, sejauh hukum itu tidak menyangkut tata negara dan pidana.
Hukum perdata kita terbagi dua, yaitu hukum umum dan hukum Islam. Persoalan yang terkait dengan pernikahan, warisan, makanan, perbankan, pendidikan, diatur berdasar syariat Islam, dan menjadi UU. Artinya, syariah sebenarnya sudah sejak lama menjadi bagian dari hukum Indonesia. Kita juga punya sistem pengadilan agama Islam sebagai sub-bagian dari pengadilan negara.
Kalau kita bandingkan dengan Malaysia yang secara resmi menyatakan diri sebagai negara Islam misalnya, tidak banyak perbedaan. Bahkan dalam beberapa hal kita mungkin lebih maju.
Prinsip ini, bahwa negara ini sudah cukup untuk disebut negara Islam, menjadi dasar bagi NU dan Muhammadiyah serta sejumlah organisasi Islam untuk menganggap bahwa Republik Indonesia ini adalah bentuk final negara yang mereka dukung. Artinya, tidak diperlukan formalisasi pernyataan status sebagai negara Islam, atau memakai Quran sebagai dasar negara.
Tapi, itu pendapat sebagian saja dari umat Islam Indonesia, meski boleh dikata sebagian besar. Ada sebagian lain yang menganggap Indonesia ini tidak memenuhi syarat sebagai negara Islam. Ustaz yang tadi saya sebut pun sebenarnya masih mengatakan bahwa Indonesia ini tak sempurna sebagai sebuah negara Islam. Kenapa? Karena masih memakai sumber hukum lain selain hukum Islam.
Bagi orang-orang dari kelompok kedua, ini adalah soal serius. Mereka mengacu pada ayat Quran yang mengatakan bahwa orang-orang yang berhukum pada hukum Allah adalah orang kafir. Atau, kalaupun sedikit diturunkan tingkat keseriusannya, derajatnya adalah fasiq. Baik kafir maupun fasiq adalah derajat buruk yang sangat serius dalam ajaran Islam.
Pandangan seperti inilah yang dianut oleh orang-orang seperti Abu Bakar Baasyir, serta orang-orang yang bergiat untuk mendirikan khilafah seperti kelompok Hizbut Tahrir. Kelompok ini pun sebenarnya tidak tunggal pandangannya. Ada yang merasa cukup bila negara secara resmi menyatakan bahwa Quran adalah dasar negara dan hukum Islam adalah hukum tertinggi, seperti yang terjadi di Arab Saudi dan Malaysia. Tidak sedikit pula yang menolak formalitas seperti itu, dan menuntut adanya negara Islam secara utuh.
Persoalannya, bagaimana konsep utuh negara Islam itu? Ini adalah soal yang sangat rumit. Tidak ada konsep tunggal tentang negara Islam. Orang pada umumnya sepakat bahwa periode kekhalifahan hingga zaman Ali bin Abi Thalib adalah kekhalifahan Islam. Lalu soal periode setelah itu ada yang hanya kerajaan saja, ada pula yang menganggapnya sebagai hal yang sama dengan periode khulafaurrasyidin.
Intinya, pandangan umat Islam soal negara sangat beragam. Keberagaman itu menjadi lebih rumit klasifikasinya ketika kita membahas soal-soal spesifik, misalnya, bolehkah seorang yang bukan muslim menjadi pemimpin. Orang-orang yang menyatakan bahwa negara dalam format sekarang dapat diterima sebagai negara Islam tidak sedikit yang menganggap bahwa pemimpin harus seorang muslim. Hanya sebagian yang bisa menerima non muslim sebagai pemimpin.
Ini adalah kenyataan politik yang tidak bisa dibantah. Konsekuensinya, politik negara ini tidak akan pernah bisa lepas dari isu agama. Ini bukan sekadar karena politikus memanfaatkan isu agama itu, tapi karena bagi publik isu ini memang sangat penting. Halal haram adalah puncak prioritas bagi banyak muslim di Indonesia dalam membuat keputusan. Ringkasnya, untuk makan saja orang memeriksa status halal haram, apalagi untuk urusan negara.
Makin tambah rumit lagi, tidak semua orang paham wacana. Persoalan hubungan agama dan negara tidak selalu dibahas dalam wujud terstruktur dan intelek. Sebenarnya mayoritas orang tidak paham tata negara pada hal-hal yang mendasar. Mereka juga tidak paham soal agama secara mendasar. Hubungan agama dan negara sering kali dipikirkan dan diekspresikan berdasar pada persepsi, kepercayaan, dan emosi.
Artinya, negara ini harus dikelola dengan mempertimbangkan begitu banyak hal rumit, yang sebagiannya tidak bisa dijawab dengan pertimbangan-pertimbangan rasional semata. Orang-orang yang mencoba memotret Indonesia dengan lensa logis rasional akan sering bingung melihat potret yang ia dapatkan.

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Renovasi Makam Mumi Firaun

Sarcophagus of King Tutankhamun, at his newly restored tomb in the Valley of the Kings, Egypt (31 January 2019)

PT SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Proyek renovasi makam Firaun Tutankhamun di Mesir telah rampung setelah sembilan tahun dikerjakan.
Para pakar dari Institut Konservasi Getty menutup goresan-goresan pada lukisan dinding yang ditimbulkan oleh para pengunjung di ruang pemakaman.
Rusaknya lukisan juga terjadi akibat faktor kelembaban, debu, dan karbon dioksida yang dihembuskan setiap pengunjung.
Untuk mencegah kerusakan serupa berulang, para pakar telah memasang sistem ventilasi baru. Sistem ini juga akan mampu mengurangi tindakan pembersihan di masa mendatang.
Penghalang yang baru dipasang bakal mencegah pengunjung menjamah lukisan. Adapun tata cahaya, berbagai rambu, serta landasan untuk memandang akan memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan malam sekaligus memahami makna budaya serta sejarahnya.
“Kami ingin merancang sistem berkesinambungan yang bisa menampung para pengunjung setiap hari. Kami juga ingin dampak seminim mungkin terhadap arkeologi itu sendiri,” kata Sara Lardinois, tenaga ahli proyek dari Institut Konservasi Getty kepada kantor berita Reuters.
“Kami tidak bisa menyematkannya pada lantai, langit-langit, atau dinding sehingga kami harus merancang semua komponen ini agar bisa menopang secara mandiri sehingga tidak merusak fitur-fitur bersejarah,” tambahnya.
Para pakar menyimpulkan, bercak-bercak cokelat pada lukisan dinding merupakan jejak mikroba yang sudah lama mati dan tidak menimbulkan ancaman.
Bercak-bercak tersebut tidak dihilangkan karena para pakar menemukan bahwa noda-noda itu sudah menembus lapisan cat.
Makam Tutankhamun ditemukan di Lembah Raja-Raja, dekat Luxor, oleh dua arkeolog Inggris, yakni Howard Carter and George Herbert, pada 1922.
Itu adalah makam era Kerajaan Baru (1550 SM-1069 SM) satu-satunya yang ditemukan dalam keadaan utuh. Isi makam menyuguhkan pemahaman mengenai praktik pemakaman keluarga kerajaan, seni, dan kerajinan tangan pada periode itu.
Kendati sebagian benda di dalam makam kini berada di Museum Mesir Purbakala di Kairo, pengunjung makam masih dapat melihat mumi sang Firaun, kayu bagian luar peti mati, sarkofagus, dan beragam lukisan yang menggambarkan kehidupan serta kematian raja cilik tersebut.