SOLID GOLD BERJANGKA | Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Rupanya Tetap Bisa Dibaca

Sebuah bug bikin chat WhatsApp yang sudah dihapus tetap bisa muncul lagi dan dibaca penerimanya. (Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo)

SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Fitur “Delete for everyone” memungkinkan pengguna Whats app langsung menghapus pesan yang keliru dikirim, di perangkatnya maupun perangkat si penerima. Tapi sebuah bug membuat penerima pesan yang penasaran bisa saja memunculkan chat Whats app yang sudah dihapus itu.
Pada dasarnya, penerima pesan WhatsApp akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “This message has been deleted” seandainya si pengirim sudah menghapus chat keliru itu. Nah, ada cara untuk memunculkannya lagi.
Seperti dirangkum detikINET dari Mirror dan iflscience, Rabu (30/1/2019), bug untuk memunculkan pesan yang sudah dihapus ini memanfaatkan celah pada proses pencadangan riwayat chat WhatsApp.
 
Pada dasarnya pesan yang sudah dihapus oleh pengirim itu tetap tersimpan dalam ponsel si penerima dan bisa dimunculkan lagi lewat fitur pemulihan riwayat chat WhatsApp. Bug ini berkaitan erat dengan fitur backup WhatsApp yang biasanya terjadi pada dini hari.
Maka jika ada pengirim yang menghapus chat WhatsApp, si penerima yang penasaran dengan isinya bisa tinggal melakukan uninstall aplikasi, menginstallnya lagi, dan memulihkan riwayat chat untuk memunculkan lagi pesan yang sudah dihapus tersebut.
“Chat yang dihapus masih tersimpan pada perangkat. Ketika file backup dipulihkan, aplikasi WhatsApp tak lagi menandai pesan tersebut sebagai ‘terhapus’ sehingga akan muncul lagi,” tulis Mirror.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s