SOLID GOLD BERJANGKA | Digitalisasi di Sektor Ketenagalistrikan Penting

Foto: Indonesia Best Electricity Award (IBEA) (Saifan Zaking-detikFinance)

SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Indonesia kini memasuki industri 4.0, di mana digitalisasi menjadi kunci meningkatkan daya saing. Berkaitan dengan itu, sektor ketenagalistrikan juga harus memanfaatkan digitalisasi.
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Sommeng menyampaikan, dengan memanfaatkan era digital bisa menciptakan efisiensi keuangan perusahaan listrik.
“Penggunaan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan akan mampu memaksimalkan pengembangan sektor ketenagalistrikan, tidak hanya mampu meningkatkan performa keuangan, baik dari sisi keuntungan operasi, dan efisiensi modal,” katanya dalam acara Indonesia Best Electricity Award (IBEA) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (14/11/2018).
Seiring dengan efisiensi itu, digitalisasi sektor kelistrikan juga bakal memberi nilai lebih kepada konsumen karena harga bisa terjangkau. Kemudian, dengan dukungan digitalisasi, industri di sektor ketenagalistrikan juga akan memperoleh manfaat.
“Lebih jauh lagi orientasi masa depan adalah tema tema dan inisiatif digital di sektor ketenagalistrikan. Apabila diterapkan pada semua segmen maka dapat memberikan manfaat bagi industri ketenagalistrikan,” paparnya.
Digitalisasi juga berkaitan dengan big data. Data merupakan sesuatu yang penting di era sekarang ini. Dia mencontohkan PT PLN (Persero). Perusahaan milik negara itu bisa memanfaatkan ID pelanggannya yang disebut Sommeng sekitar 77 juta.
Data-data pelanggan itu bisa diolah untuk mengetahui segala hal yang diperlukan, misalnya memetakan profil pelanggan. Dengan demikian, apa yang dibutuhkan pelanggan bisa diketahui dengan baik.
“Hampir 77 juta ID pelanggan yang dimiliki PLN. Artinya PLN melalui Icon+ -nya bisa memprofiling semua kebutuhan yang ada di pelanggan. Artinya big business. Dan itulah big data yang dimiliki PLN,” lanjutnya.
Disamping itu, pada acara bertema ‘Sinergi Pembangunan Sektor lndustri Sejalan Dengan Kebijakan Energi Nasional Sebagai Pemacu lnvestasi’ itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada perusahaan listrik yang berkontribusi baik.
Hal tersebut menurutnya merupakan salah satu upaya bertukar pengalaman, informasi, konsolidasi, kolaborasi antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk terus memperkuat sektor ketenagalistrikan.
“Hal ini terus dilakukan agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati listrik yang cukup dan merata sehingga roda perekonomian nasional dapat terus bergerak,” tambahnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s