SOLID BERJANGKA | Setelah 6 Tahun, Suspensi Saham BLTA Bakal Dibuka BEI

Foto: Rachman Haryanto
SOLID BERJANGKA MAKASSAR – PT Bursa Efek Indonesia memberikan sinyal akan membuka kembali perdagangan saham PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA). Dengan begitu saham BLTA akan bisa kembali diperdagangkan setelah bertahun-tahun membeku karena disuspensi.
 
Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, pihak perusahaan sendiri sudah bertemu dengan perwakilan BEI. Selain itu manajemen BLTA juga telah mengumumkan keterbukaan informasi dan melakukan paparan publik (pubex) untuk menjelaskan keberlangsungan perusahaan.
Hampir seluruh syarat agar sahamnya bisa kembali diperdagangkan sudah dilakukan. Namun menurut Samsul ada satu lagi syarat yang harus dilakukan, yakni melakukan valuasi harga wajar sahamnya saat ini. Sebab saham BLTA sendiri sudah dibekukan sejak 2012.
“Jadi ada proses akhir, ada sesuatu yang kami minta ke mereka. Kami minta untuk mem-valuasi kira-kira (sahamnya) di harga berapa,” tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Untuk proses valuasi harga BEI minta agar dilakukan dengan lembaga independen. Lembaga tersebut bisa ditunjuk oleh perusahaan.

Saham BLTA sendiri saat disuspensi pada awal 2012 berada di level Rp 196. Saat itu bursa menjatuhkan suspensi lantaran perusahaan diputusan tak mampu membayar pinjaman perbankan dan obligasi.
BACA JUGA :Solidgold Peraturan Transaksi Online

Dalam upaya restrukturisasi utangnya, BLTA melakukan konversi utang menjadi saham melalui tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) sebesar Rp 1 triliun menjadi 11,93 miliar saham.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s