PT SOLID GOLD BERJANGKA | Kredit Bermasalah Bank Diproyeksi Naik, Ini Langkah OJK

kredit-bermasalah-bank-diproyeksi-naik-ini-langkah-ojk

SOLID GOLD BERJANGKA – Angka kredit bermasalah alias Non Performing Loan(NPL) bank sejak semester II-2016 ini terjadi peningkatan. Peningkatan NPL ini terjadi karena imbas dari pelemahan ekonomi global yang mengakibatkan berbagai sektor usaha kesulitan membayar pinjaman.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator perbankan mengakui adanya kenaikan NPL. Per Juli 2016, NPL bank tercatat sebesar 3,18%. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan NPL ke level yang lebih tinggi lagi, OJK memberikan bimbingan kepada bank untuk lebih hati-hati dalam menyalurkan kreditnya.

“Memang NPL dan NPF bank memang ada kecenderungan meningkat. OJK telah mengambil beberapa cara misalnya lebih ketat lagi dalam melakukan supervisi, lalu memberikan pendampingan dan konsultasi kepada perbankan,” terang Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto dalam acara OJK International Conference on Islamic Finance di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2016).

Dirinya menambahkan, meningkatnya NPL lebih disebabkan karena kondisi perekonomian global yang tengah melambat dan tingkat konsumsi masyarakat yang lemah. Namun, besaran NPL saat ini terbilang masih masuk dalam kategori normal.

“Ini lebih kepada faktor makro ekonomi. Lihat sendiri pertumbuhan ekonomi dunia turun dan itu dampaknya terasa di kita dan tentunya pengaruhi kinerja perbankan tapi masih dalambenchmark yang wajar,” tutur Rahmat.

“Itu masih ada perbedaan antara syariah dan non (syariah), tapi secara umum masih manageable nggak masalah,” tambahnya.

Selain melakukan bimbingan dan pengawasan dalam menekan angka NPL, OJK juga akan memperketat peraturan dalam memberikan kredit kepada masyarakat. Sehingga risiko kredit bermasalah bisa ditekan.

“Mungkin terkait pengaturan dan risk management, sertagovernance pada perbankan,” ujar Rahmat.

PT SOLID GOLD BERJANGKA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s